Senin, 30 Juli 2012

Kenapa Asuransi Jiwa Tidak membayar claim

Pernakah anda merasa tertipu oleh perusahaan asuransi karena klaim anda di tolak ? 

Melalui Artikel ini agar anda yang menjadi nasabah & calon nasabah tahu apa saja yang bisa membuat klaim anda di tolak dan mencegah terjadinya kerugian di pihak nasabah umumnya penolakan pembayaran klaim asuransi di karenakan : 


1. Ketidakjujuran nasabah. Banyak orang baru menyadari pentingnya asuransi ketika sudah di jangkiti penyakit serius seperti kanker, jantung, dll. Apabila nasabah mengisi dengan jujur SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) penyakit yang sudah di deritanya, sudah pasti akan di tolak karena perusahaan asuransi bukanlah yayasan sosial. Kalau nasabah klaim karena kecelakaan atau hal lain di luar penyakitnya tersebut, tentu kebohongan tersebut tidak akan terungkap, tapi ketika terjadi klaim (sakit / meninggal) karena penyakit tersebut, tentu saja kebohongan tersebut akan terbongkar dan perusahaan asuransi berhak menolak pembayaran klaim.

 2. Ketidakjujuran agent. Banyak agent hanya mengejar target penjualan dan komisi, sehingga mereka enggan menjelaskan panjang lebar tentang produk yang di tawarkan, selain karena bisa membuat sales cycle menjadi lebih panjang, juga beresiko calon nasabah batal membeli. Bahkan dalam beberapa kasus, agentlah yang mendorong nasabah untuk tidak jujur. Ketidakjujuran agent juga bisa dalam bentuk menjanjikan sesuatu yang tidak tercantum dalam polis. Karena itulah nasabah harus mau meluangkan waktu untuk membaca polis dan mencocokkannya dengan perkataan agent penjual. Kalau ada yang tidak di mengerti, cobalah untuk bertanya kepada agent penjual. Apabila sikapnya negatif bahkan berusaha agar anda tidak perlu memahami isi polis, maka anda perlu mempertanyakan motivasi agent tersebut. 

3. Karena pengecualian dalam polis Banyak agent (yang jujur sekalipun) lalai dalam menjelaskan pengecualian2 yang ada dalam polis. Di jelaskan atau tidak oleh agent, dibaca atau tidak oleh nasabah, pengecualian tetaplah berlaku, artinya bila klaim anda masuk dalam pengecualian, maka jangan marah apabila klaim anda di tolak. Bagi anda yang sudah memiliki polis asuransi, baca dan pahamilah sekarang pengecualian2 yang ada, agar anda tidak kecewa nantinya.

4. Karena perusahaan asuransi tidak bonafid Asuransi jiwa adalah sebuah kontrak jangka panjang, dalam banyak hal, klaim baru terjadi setelah sekian puluh tahun menjadi nasabah. Karena itu pilihlah sebuah perusahaan yang terpercaya, dan untuk memudahkan anda, tiap tahun majalah seperti investor maupun infobank menerbitkan rating perusahaan asuransi. Walaupun rating tersebut tidak menjadi jaminan, tapi setidaknya menolong anda untuk mengambil keputusan. 

3 komentar:


  1. Halo AGAN2 .. Berikut ini saya mao memberikan [B]TPIS , SARAN, dan MANFAAT[/B] sebelum membeli asuransi.



    Mungkin dulu orang masih tabuh dan bingung apa si itu asuransi!! buat apa si kita harus ada asuransi!! apakah harus ada asuransi????

    seiring berkembang nya zaman orang sudah memiliki pemikiran bahwa asuransi bukan harus di beli ataupun tidak , sekarang orang2 sudah [B]"WAJIB"[/B] untuk memiliki asuransi, bukan hanya jiwa yang di asuransi, banyak dari kita bahkan mengasuransikan RUMAH,MOBIL,MOTOR,dsb.. sSemakin banyak orang mulai berpikir untuk membeli polish asuransi maka berkembanglah banyka perusahaan asuransi di INDONESIA, malah berjamur yaaaa.....:ngakak

    Maka dari itu kita bukan harus atau tidak lagi, melainkan WAJIB memilikinya..

    nah...banyak rumorrr di luar sana..ah asuransi suka ngomong didepan DOANK!!!!!!! :repost

    habis kita nabung di asuransi , pas sakit mao [B]CLAIM[/B] SUSAHHHHHHHHHHHH NYA SETENGAH MATIIIIII!!! kyk ngemis2 buat CLAIM!!!



    Memang sebenarnya kesalahan sendiri bukan dari Perusahaan Asuransi nya.,karena setiap perusahaan aasuransi tidak mungkin menipu nasabah , karena mereka sendiri sudah ada peraturan yang berlaku dari pemerintah. Kesalahan bisa terjadi dari agent dan nasabah sendiri.

    Pasti dari kalian banyak yang berpikir..

    [B]LOHHHHHHHH!!!! KOQ NASABAH YANG DISALAHKAN!!![/B] :sorry



    Berikut ini saya berikan alasannya kenapa CLAIM di TOLAK :



    1.agent tidak mengisi data dengan jujur dan atau tidak menginformasikan data nasabah dengan jujur , lengkap dan benar.



    2.agent tidak menjelaskan produk yang benar dan jelas kepada nasabah.



    3.agent tidak ada upaya membantu claim nasabah, maupun membantu mengurus data2 yang di perlukan







    itu kalau dari pihak agent, tapi tidak menutup kemungkinan kalau nasabah sendiri tidak melakukan kesalahan..



    seperti awal dari membeli polish , mereka tidak mencari informasi dengan lengkap dan jelas. adapula yang menutupi segala jenis penyakit yang dideritanya.dengan berharap akan mendapat uang claim setelah mereka membeli polish.







    MAKA AKAN BAIKNYA SEBELUM MEMBELI POLISH. NASABAH HARUS MENGETAUI DULU APA KEPERLUAN DAN KEPENTINGAN DARI KEBUTUHAN MREKA, MENCARI INFORMASI SELENGKAP2NYA DAN BERTANYA YANG JELAS KEPADA AGENT MAUPUN KERABAT SAUDARA YANG SUDAH MEMPUNYAI POLISH. DAN DI HARAPKAN SALING JUJUR DALAM MENGISI DATA PRIBADI NASABAH. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat dan tidak ada yang di rugikan di kemudian hari. Terima Kasih.:cendolbig :kiss











    Agent Prudential
    Hermanto Chan
    BB : 2921DCCC
    HP : 081287972023
    YM: hermanto_office@yahoo.com
    FB : hermanto.candra.1@facebook.com

    BalasHapus
  2. yess mas herman thank's atas pencerahanya lagi
    Salam Sukses luar biasa.
    dari Infigy Group/Pr1

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar disini :